SOSIALISASI BELKAGA TINGKAT KECAMATAN PUSKESMAS DEMAK III

Demak – Pertemuan Sosialisasi Pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) atau biasa disebut Penyakit Filariasis tingkat Kecamatan di laksanakan di Reinz Cafe dan Resto pada hari Kamis, 26 September 2019 pukul 09.00 WIB. dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh Bapak Camat Demak sekaligus memberikan sambutan dan membuka acara sosialisasi BELKAGA.

Selanjutnya Kepala Puskesmas Demak III memaparkan mengenai Filariasis atau Penyakit Kaki Gajah merupakan penyakit Tropic yang disebabkan oleh nyamuk dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan termasuk di wilayah Kabupaten Demak dan menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat Indonesia.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong cakupan pengobatan yang tinggi dan merata sehingga rantai penularan Filariasis terhenti secara efektif. selain itu pertemuan ini juga diikuti oleh Kader Kesehatan, Kepala Kepala Puskesmas Demak III, dan Pengelola Program Filariasis Puskesmas. Disampaikan pemberian obat pencegahan massal (POPM) diberikan kepada seluruh penduduk yang beresiko tertular Filariasis mulai umur 2 tahun sampai 70 tahun. Kegiatan ini dilaksanakan sekali dalam setahun selama lima tahun berturut-turut.

Kepala Bidang P2P juga mengharapkan adanya dukungan penuh dari kader untuk ikut terlibat dan berpartisipasi menyukseskan program BELKAGA dan POPM Filariasis kepada seluruh warga masyarakat agar dapat mensosialisasikan kegiatan pemberian obat pencegahan massal (POPM) Filariasis kepada seluruh warga masyarakat Desa Wilayah Kerja Puskesmas Demak III.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *