RAPAT KOORDINASI BIAS DI PUSKESMAS DEMAK 2

Demak – Rapat Koordinasi BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) diadakan pada hari Rabu tanggal 28 Agustus 2019 bertempat di Puskesmas Demak 2 yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Demak melalui Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit.

BIAS merupakan salah satu upaya untuk eliminasi Tetanus Neonaturum, pengendalian penyakit Difteri dan penyakit Campak dalam jangka panjang melalui imunisasi DT (diphteria tetanus), Td (Ttetanus Diphteria) dan TT. Imunisasi yang diberikan pada BIAS ada dua jenis yaitu: Vaksin DT pada anak kelas I dan vaksin Td untuk kelas II dan III. Sasaran kegiatan BIAS adalah seluruh anak Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) negeri dan swasta, Institusi pendidikan setara SD lainnya baik laki-laki ataupun perempuan.

Cakupan yang sudah tercapai ini, masih didapati kasus Penyakit yang Bisa Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) di Kota Semarang. Kasus PD3I yang mengakibatkan KLB (Kejadian Luar Biasa) disebabkan karena masih ada High Risk Community atau kelompok yang menolak vaksin dengan berbagai alasan. Dalam pertemuan tersebut, diharapkan para tokoh masyarakat dan tenaga pendidik dapat bekerja sama meningkatkan cakupan imunisasi di Kota Semarang. Imunisasi merupakan langkah penting untuk mewujudkan generasi masa depan yang lebih baik, sehat, produktif dan berprestasi.

Dokumentasi Rakor BIAS di Puskesmas Demak 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *