SEDEKAH BUMI DI KELURAHAN KALICILIK KECAMATAN DEMAK

Demak – Sedekah bumi atau apitan di Kelurahan Kalicilik Kecamatan Demak dilaksanakan pada hari kamis tanggal 1 Agustus 2019 di aula Kelurahan Kalicilik. Sedekah Bumi, merupakan perwujudan rasa syukur kepada Allah SWT dan bukti nyata gotong royong warga masyarakat setempat. Dua nilai yang terkandung di dalam sedekah bumi ini hendakya dilestarikan dan ditata sebaik mungkin karena memiliki kekuatan religius dan Pancasilais.

Untuk mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang ada bisa ditunjukan dengan berbagai cara. Bagi masyarakat Jawa yang masih sangat kental dengan tradisi dan budayanya, mereka juga memiliki cara tersendiri atas nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan YME. Salah satunya adalah dengan menggelar tradisi sedekah bumi.

Acara Hiburan untuk sedekah bumi diadakan besok pada hari minggu tanggal 25 Agustus 2019, hiburan yang akan ditampilkan yaitu pagelaran wayang kulit ki bagong dari kudus. dan diharapkan semoga antusias warga kelurahan kalicilik yang tinggi untuk sekedar dapat melihat atau menonton hiburan yang sudah disediakan oleh pihak panitia.

tradisi sedekah bumi tak hanya menjadi ritual saja, tetapi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat jawa. Hingga banyak yang beranggapan jika sedekah bumi tidak bisa diisahkan dari budaya jawa. Ritual sedekah bumi juga merupakan salah satu cara dan sebagai simbol penghormatan manusia terhadap tanah yang menjadi sumber kehidupan.

  

Dokumentasi Sedekah bumi di Kelurahan Kalicilik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *