POSYANDU DAN PENCATATAN JUMLAH DATA STUNTING DI DESA DONOROJO

Demak – posyandu dan pencatatan jumlah data stunting di Desa Donorojo yang dihadiri oleh Sekcam Demak beserta jajarannya pada selasa (12/7) pukul 09.00 WIB, Posyandu di Desa Donorojo pada bulan Juli dilaksanakan sebanyak 3 kali yaitu tanggal 5, 6, 12, dan posyandu terakhir dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2019. Posyandu merupakan garda utama pelayanan kesehatan bayi dan balita di masyarakat. Sesuai dengan tujuan dibentuknya posyandu adalah untuk percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) melalui pemberdayaan masyarakat, maka sasaran kegiatan posyandu tidak hanya anak balita saja, tetapi juga mulai dari ibu hamil, ibu menyusui, dan ibu nifas. Kegiatan yang dilakukan di posyandu terfokus pada pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), imunisasi, gizi dan pencegahan serta penanggulangan diare.

Peran posyandu dalam penanggulangan stunting di Indonesia sangatlah penting, khususnya upaya pencegahan stunting pada masa balita. Melalui pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita yang dilakukan satu bulan sekali melalui pengisian kurva KMS, balita yang mengalami permasalahan pertumbuhan dapat dideteksi sedini mungkin, sehingga tidak jatuh pada permasalah pertumbuhan kronis atau stunting.

Balita yang dideteksi mengalami gangguan pertumbuhan tentunya segera ditindaklanjuti melalui rujukan ke fasilitas kesehatan Puskesmas/rumah sakit, atau segera mendapatkan Konseling, Informasi dan Edukasi (KIE) terkait penatalaksanaan gangguan pertumbuhan yang dialaminya oleh petugas atau kader posyandu, dan diberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Anak yang berpotensi mengalami stunting, tentunya akan mendapatkan evaluasi untuk dicari faktor penyebab dan risiko. Analisis faktor penyebab tentunya memerlukan peran lintas sektor dan program, oleh karena itu balita yang memiliki potensi gangguan pertumbuhan selanjutnya akan dilakukan kunjungan rumah untuk menilai faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya, termasuk faktor keluarga dan lingkungan.

Dalam Kegiatan Posyandu tersebut tercatat bahwa data stunting di Desa Donorojo terdapat 50 anak, dengan kategori normal sebanyak 14 anak, pendek 23 anak, kategori sangat pendek sebanyak 5 anak, pindah 1 anak, meninggal 1 anak, lulus usia 60 bulan atau usia 5 tahun lebih sebanyak 7 anak, dan saat ini terdapat tambahan 1 anak anak sehingga total keselurahan yaitu 51 anak. posyandu di Desa Donorojo dilakukan oleh bidan Desa yaitu Ibu Jumiati.

Dokumentasi Posyandu dan Pencatatan data Stunting di Desa Donorojo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *